Thursday 23 May 2013

Pengertian Desain Interior

 Apa Desain Interior itu?   




Sebagai mahasiswa Desain Interior tentunya saya harus paham akan semua hal yang berhubungan dengan Interior. Mulai dari elemen utama sampai pengertiannya. Nah disini saya akan menjelaskan tentang apa itu Desain Interior.

Pengertian Desain Interior

    Maksud dan tujuan desain interior pada mulanya hanya menitik beratkan hanya pada fungsi, tetapi benkembang dengan jangkauan lebih luas, yang mencakup semua unsur keindahan dan berbagai macam aspek untuk memberikan kepuasan fisik dan spiritual bagi penghuninya. 


    Desain Interior merupakan ilmu yang mempelajari perancangan suatu karya seni yang ada di dalam suatu bangunan dan digunakan untuk memecahkan masalah manusia. Desain Interior juga merupakan karya arsitek atau desainer yang khusus menyangkut bagian dalam dari suatu bangunan, bentuk-bentuknya sejalan perkembangan ilmu dan teknologi yang dalam proses perancangannya selalu dipengaruhi unsur-unsur geografi setempat dan kebiasaan-kebiasaan sosial yang diwujudkan dalam gaya-gaya kontemporer.

    Profesi desainer interior memiliki pengertian yang berbeda dengan dekorasi interior. kata dekorasi sendiri berasal dari kata "decorate" yang dalam bahasa Inggris berarti "menghias". Profesi dekorasi interior mempunyai lingkup pekerjaan yang penekanannya lebih kepada penyelesaian estetis dari kelengkapan suatu ruang. perbedaannya bisa dicermati dari kutipan berikut ini :

     "interior decoration, preocupied with the aesthetic arrangment of furniture in house, development into interior design concerned with planning the total environment of the interiors of all kinds of building private residences and institutional and commercial buildings, so thet they are functional as well as aesthetic achievement (Pepper, 1991:256)."

    Perancangan interior sendiri meliputi bidang arsitektur yang melingkupi bagian dalam suatu bangunan. Contohnya perancangan interior tetap, bergerak, maupun dekoratif bersifat sementara. Lingkup pekerjaan seseorang pendesain interior demikian luas, yaitu menjalankan pelayanan jasa yang berhubungan dengan ruang-ruang interior dari setiap bangunan. Pelayanan jasa tersebut antara lain mencakup: penyusunan program, analisa desain, perencanaan ruang, estetika dan pengawasan lapangan. Untuk hal ini semua dibutuhkan pertimbangan-pertimbangan dari desain interior, antara lain : 

-  Faktor teknik
-  Ergonomi
-  Ekonomi
-  Psikologi
-  Filosofi

0 comments:

Post a Comment